Pembelajaran Algoritma dan Pemrograman Untuk Anak anak kelas 7

 

Materi Algoritma dan Pemrograman

Sumber buku dari E-book Informatika-BS-KLS-VII.pdf

Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas
tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk
membeli tiket bioskop secara langsung. Langkahnya, yaitu: kalian perlu
menuju bioskop, memilih film yang ingin ditonton dan jadwalnya, lalu antre
di loket tiket, lalu memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya,
membayar total tiket, dan tiket diterima dari pegawai. Algoritma dibuat
untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer.
 

Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan
urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman yang
mengatur jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi
dengan cara yang baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah
lainnya.

Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak
komputer, aplikasi, dan situs web. Saat ini, komputer tidak dapat berpikir
sendiri. 

Komputer hanya menjalankan perintah yang diberikan kepadanya
atau yang sudah tersimpan dan siap dijalankan. Komputer meminta pengguna
untuk memberi serangkaian instruksi yang diperintahkan untuk mengetahui
apa yang harus dilakukan. Perintah yang dipahami oleh komputer disebut
sebagai 'kode'. 

Pemrograman adalah elemen inti dari kurikulum Informatika
karena membantu kalian untuk mengembangkan keterampilan penting
seperti penyelesaian masalah, logika, dan berpikir kritis.
 

Di kelas VII, kalian akan belajar pemrograman visual, yang juga dikenal
sebagai pemrograman berbasis blok. Pemrograman visual adalah sebuah
bahasa pengkodean yang memungkinkan kalian untuk membuat program
dengan menyusun elemen visual secara grafis, bukan menuliskannya dalam
bentuk teks. 

Elemen visual dalam pemrograman visual berbentuk blok
grafik yang dapat disusun untuk membentuk program. Setiap elemen visual
merepresentasikan pernyataan atau struktur kontrol. Dengan pemrograman
visual, memprogram menjadi seperti ketika kalian menyusun balok atau lego
untuk membangun gedung, kapal terbang, atau lainnya. Akan tetapi, hasilnya
bukan benda nyata, melainkan sebuah “program” yang kalau dijalankan, akan
memberikan efek menakjubkan, misalnya animasi atau bahkan game.
  

Sebagai langkah pertama, kalian akan mengenal sebuah bahasa pemrograman yang bernama “Scratch” yang akan memungkinkan kalian membuat berbagai karya kreatif yang lucu


 

Komentar